laptop ssd

Begini Cara Optimalkan Penggunaan Laptop SSD!

Halo temanz, barangkali diantara kalian ada yang punya laptop, namun sudah terlalu lemot atau bahkan bisa saja telah habis umur pemakaiannya itu tandanya kalian harus beli laptop baru, ehe, bercanda. Ada kok solusinya, seperti gunakan laptop SSD ini.

Nah loh, apalagi sih itu? Bahasan kita cukup menarik ya akan bahas mengenai SSD. SSD sendiri merupakan singkatan dari Solid State Drive (SSD) yang mana ini adalah salah satu dari inovasi penyimpanan data. SSD juga merupakan salah satu unit pendukung kinerja laptop.

Bila kalian telah berkenalan dengan Hardisk, SSD juga memiliki fungsi yang hampir sama. Bedanya sihh hanya komponen yang ada didalamnya. Yuk simak lagi ke bawah!

SSD merupakan media penyimpanan data yang dibangun dengan menggunakan Integrated Circuit (IC) yang dirakit sebagai memori untuk menyimpan data secara presiten.

Sedangkan pada Harddisk (HDD) dibuat dengan menggunakan media dics (piringan) yang ketika sedang bekerja piringan tersebut akan ikut berputar.

  • Ada juga sih beberapa kelebihan SSD dibandingkan dengan Harddisk biasa, yakni:
  1. Performanya yang lebih cepat, hingga 24 kali lipat.
  2. SSD jauh lebih ringan ketimbang HDD.
  3. Tak seperti HDD yang punya suara besar ketika menjalankan aplikasi berat, SSD cenderung memiliki suara mulus dan halus.
  4. SSD lebih tahan guncangan dibandingkan dengan HDD.
  5. Dan juga akan hemat dalam penggunaan listrik.
  • Selain kelebihan pasti juga ada dong kekurangannya, yaitu:
  1. Harganya yang mahal
  2. Umur penggunaannya yang lebih pendek dibandingkan dengan HDD.

laptop ssd

Begini Cara Optimalkan Penggunaan Laptop SSD!

Lalu apa hubungannya sih dengan laptop SSD?

Ini sih memang masalahnya terletak jika laptop kamu memiliki problem yang serius. Entah dari segi performa ataupun karena faktor yang lainnya.

Baca Juga :  Pertimbangan Sebelum Membeli Samsung J 7 Duo

Jika laptop kamu sudah tak mendukung segala aktivitasmu, berfikir untuk mengganti laptop tentu sangat mudah jika memiliki budget yang tak terbatas.

Namun lain halnya ketika kamu punya budget yang pas-pasan sedangkan kamu ditutut untuk menggunakan laptop dengan segera, duh pasti pusing tujuh keliling deh.

Ada beberapa cara yang patut untuk dipikirkan, seperti:

  • Upgrade laptop kamu

Dengan menambahkan memori, pastinya kerja laptop akan kembali stabil dan tidak berat.

  • Install ulang sistem operasi

Cara ini juga bisa jadi opsi memerdekakan hak laptopmu kembali. Hapus beberapa aplikasi yang sudah jarang sekali digunakan.

  • Mengganti Harddisk laptop dengan SSD

Ini sih cara yang lainnya kalau kita berbicara masalah SSD. Cara ini juga terbilang lebih mudah dibandingkan dengan penambahan memory.

Dengan mengganti Harddisk dengan SSD, laptop pun akan mendapatkan performa yang cukup signifikan. Jika tak dapat menggantinya sendiri, kamu bisa minta tolong pada ahlinya.

Jika sudah demikian, bila alternatif pilihan yang kamu buat adalah membeli laptop baru, tentunya juga tidak masalah

Tapi kalau kamu juga masih bingung ingin pilih laptop SSD atau laptop HDD, mungkin saja hal-hal ini perlu diperhatikan.

  1. Kapasitas dan juga jenis penyimpanannya.

Umumnya unit SSD yang banyak ditemui memiliki kapasitas 500 GB hingga 1 TB, dengan kapasitas terbesarnya 4TB. Sejauh ini memang harganya relatif lebih mahal dibandingkan laptop HDD.

  1. Masalah booting

Pada laptop HDD kecepatan proses bootingnya bergantung pada spesifikasi operasionalnya, biasanya juga akan lebih lambat dibandingkan laptop SSD.

Laptop SSD terkenal dapat memberikan waktu booting yang relatif lebih singkat, hanya hitungan detik saja, tak sampai 1 menit kamu sudah dapat menggunakan laptopmu untuk aktivitas normal.

  1. Suara yang dihasilkan
Baca Juga :  Spesifikasi dan Daftar Harga Hp Samsung Galaxy S6 Edge

Suara atau tingkat kebisingan yang dimiliki oleh laptop HDD akan lebih besar dibandingkan dengan laptop SSD.

Hal ini dikarenakan piringan pada harddisk akan terus berputar saat laptop menjalankan aktivitasnya.

  1. Guncangan saat dibawa bepergian

Memang terkadang kita abai untuk mengetahuinya. Bahwa guncangan sekecil apapun nyatanya dapat mempengaruhi kinerja pada laptop setelahnya.

SSD yang tidak memiliki komponen bergerak cenderung lebih tahan lama, sedangkan lempengan pada laptop HDD kemungkinan akan bergerak ketika beroperasi. Walaupun secara umum laptop HDD lebih tahan lama umur penggunaannya.